Halo guys, Postingan saya kali ini masih berkaitan dengan postingan DAILY ACTIVITY 09 yang sebelumnya, karena bahan atau singkong yang akan kami gunakan untuk membuat tape singkong teksturnya sedikit lebih keras, maka saya membuat kembali tapai singkongnya hari ini.

Okey, pada postingan saya ini, saya akan bercerita tentang proses pembuatan tapai singkong bersama teman saya.

Pagi ini saya datang kekampus pukul 07.30 am, kemudian sekitar pukul 09.00 am saya pergi kepasar untuk membeli singkong yang lebih bagus dari singkong yang saya beli sebelumnya. akhirnya saya memilih untuk kepasar hartaco yang letaknya paling dekat dengan kampus.

Setelah itu kami kembali kekampus untuk memproses singkong yang kami beli. Nah, sesampainya kami di kampus, kami langsung mengupas singkong tersebut.


Berikutnya masuklah ke step pembuatan tapai singkong. step pertama yaitu siapkan steamer kemudian panaskan, dan cuci bersih singkong yang sudah dikupas sebelumnya.



Selanjutnya, masukkan kedalam steamer, lalu kukus hingga singkong matang atau lunak. lalu angkat dan simpan diatas nampan yang sudah dialasi dengan daun pisang, kemudian dinginkan.



Setelah dingin, tambahkan ragi tapai yang sudah di haluskan dengan disaring menggunakan strainer.


Kemudian, masukkan kedalam wadah bersih yang sudah disiapkan dan tutup rapat, lalu disimpan selama kurang lebih 2-3 hari hingga tapai nya jadi.

0 Responses

Posting Komentar