Hello guys, Hari ini saya kekampus sedikit lebih awal karena kami akan membuat product untuk dijual. Product kami hari ini adalah Nasi goreng dan pisang coklat. Setelah product kami selesai, maka kami menjual hasi product kami di area kampus.

Selanjutnya, setelah semua terjual, kami masuk kelas dan dosen kami membuka kelas hari ini. Sebelum kami memulai praktek hari ini kami membersihkan ruang pastry baru kami. Dan memindahkan semua alat-alat dan bahan ke dalamnya.

Setelah semua nya selesai, kami masuk kelas kembali dan dosen menjelaskan apa saja yang akan kami buat hari ini. Hari ini kita membuat leaven dan sponge cake. Setelah dosen selesai menjelaskan semua resep dan teknik pembuatannya. Selanjutnya kelompok kami dibagi untuk membuat vanilla sponge, caramel sponge dan Cappucino sponge.

Kelompok saya mendapatkan bagian untuk membuat caramel sponge. Kami kemudian mulai menyiapkan bahan-bahannya. Kemudian saya mulai mengocok telur, tbm dengan gulanya. Sedangkan teman saya dedy membuat caramelnya dan alkis menyiapkan cetakannya.



Setelah adonan selesai saya buat, maka adonan dimasukkan kedalam cetakan, kali ini saya menggunakan cetakan muffin, setelah semua adonan dimasukkan kedalam cetakan, maka kami bakar didalam oven dengan suhu 200*C 15-20 menit.


Setelah 20 menit, sponge cake saya siap diangkat, dan kemudian di dinginkan, namun ternyata sponge cake kami gagal (tidak berongga) dan lebih berat, maka kami membuat ulang sponge cake nya. Dengan bahan dan cara yang sama. Dan akhirnya sponge kami berhasil naik dengan sempurna.


Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan membuat caramel sponge :
3 pcs Eggs
5 pcs Eggyolk
110 gr Flour
20 gr Milk powder
80 gr Sugar
10 gr TBM
50 gr Caramel
½ tsp Chocolate paste
110 gr Melted Margarine
0 Responses

Posting Komentar